Japan’s Legendary Liquid Gold

Post Thumbnail

Ketika pintu penyulingan ditutup pada tahun 2000, tim penyulingan tidak akan pernah bisa membayangkan apa yang akan terjadi pada minuman yang akan dijadikan merek Karuizawa. Lagi pula, sejak tahun 1955 ketika penyulingan mulai berproduksi, hingga kehancurannya pada pergantian masa milenium, mayoritas wiski yang diproduksi di Karuizawa menjadi campuran murah di bawah merek Sanraku Ocean. Sementara penyulingan tersebut merilis malt tunggal pada tahun 1976, harganya sekitar $ 90 AS, datang dalam jumlah yang terbatas dan tidak dipasarkan. Pada tahun 1980-an, penyulingan Karuizawa mengalami perbaikan besar-besaran, pencucian baru, pabrik malt, tangki lauter yang mengkilap, dan tujuan yang  baru untuk meningkatkan kualitas.

Sebagian besar minuman dari tempat penyulingan yang diproduksi sekarang ini oleh Karuizawa disuling setelah peningkatan tersebut, sehingga kami dapat berterima kasih atas peningkatan kualitas yang kami rasakan saat ini. Sayangnya, ketika Karuizawa berinvestasi dalam kualitas, ditahun 80-an telah mempengaruhi jatuhnya konsumsi wiski di Jepang, dan itu semakin memburuk. Akhirnya, pada tahun 2000, tim penyulingan merasa cukup dan penyulingan dihidupkan kembali. Pada tahun-tahun berikutnya, dengan Kirin sebagai pemilik baru Sanraku (dinamai Mercian), tong-tong penyulingan Karuizawa yang tersisa akan dijual, karena Kirin lebih tertarik dengan fasilitas anggur Mercian. Apa yang terjadi pada merek Karuizawa sejak itu adalah kombinasi dari penggemar yang bersemangat, kategori wiski Jepang yang telah dihidupkan kembali, dan peningkatan untuk pasar yang besar tidak akan pernah terjadi lagi.

Setelah negosiasi tanpa akhir, tong Karuizawa terakhir dijual pada 2011. Setelah ini, tong Karuizawa tertua dibotolkan untuk Tokyo International BarShow 2013. Rilis 52 Tahun, dengan hanya 41 botol dibuat, dijual kemudian sekitar $ 17.000 AS. Ini adalah perubahan cadangan dibandingkan dengan harga hari ini, terutama karena botol yang sama terjual 2 tahun kemudian dengan harga lebih dari $ 118.000 di lelang Bonhams di Hong Kong, mencapai lebih dari sepuluh kali harga eceran awal.

Singkatnya, satu botol itu dapat membantu seseorang memahami pertumbuhan yang dialami wiski Karuizawa dalam 7 tahun terakhir. Menurut Whiskystats Whiskey Index, Karuizawa memegang tempat pertama di antara penyulingan di seluruh dunia, ketika melihat peningkatan relatif dalam nilai selama 5 tahun terakhir. Legenda Jepang bahkan mengungguli The Macallan dan tempat penyulingan diam lainnya seperti Rosebank, Hanyu, dan Port Ellen.

Karuizawa Whisky Pricing Data and History

Dan, meskipun pertumbuhan merek telah berlanjut sejak 2013, itu tidak menunjukkan tanda-tanda berhenti. Melihat 2018, harga wiski Karuizawa naik 45,6%, mengungguli pasar wiski sekunder keseluruhan sebesar 27,5%. Memimpin dengan contoh, pertumbuhan Karuizawa juga dikatakan bertanggung jawab untuk meningkatkan harga keseluruhan wiski Jepang lainnya.

Jepang dikeluarkan dari grafik wiski global WhiskyStats sejak Boom Whisky Jepang pada tahun 2014 dan 2015 meluncurkan indeks Jepang ke bidang yang jauh melampaui indeks wilayah lainnya. Pada bulan September 2018, 100 wiski Jepang yang paling diperdagangkan naik nilainya 2,82%. Grafik Jepang di bawah sekarang berada pada 562,78 poin indeks.

Wiski Karuizawa telah meningkat menjadi fenomena global, baik wiski maupun investasi. Selain cryptocurrency dan pasar saham, wiski Jepang membawa kerajinan, sejarah, dan keindahan ke dalam campuran, menjadikan Karuizawa investasi dan gairah.

Dengan hanya segelintir tong yang tersisa untuk dibotolkan dan botol terakhir yang terlihat, Karuizawa hanya akan naik lebih lanjut di tahun-tahun mendatang. Tong terakhir dikabarkan akan diluncurkan sekitar Olimpiade Tokyo 2020, membawa akhir yang indah ke kisah abadi.